SituSains-Free science knowledge

Senin, 19 Desember 2011

Migrasi Hewan-hewan yang Paling Ekstrim di Dunia (Part 1)

Migrasi pada hewan bertujuan untuk bertahan hidup dan mencari makanan. Tetapi kadang mereka dapat bermigrasi dengan ekstrim demi mencapai tujuan . Berikut adalah migrasi hewan paling ekstrim di dunia :
1. Salmon
                                              
    Hanya untuk bertelur, mereka rela untuk melawan arus ke sungai. Pasti anda akan berkata  "Memangnya kenapa kalau melawan arus?". Oke akan saya jawab pertanyaan anda. Em.... Ikan Salmon yang melawan arus otomatis dia akan bertemu pemangsa dan predator. Migrasi mereka dilakukan secara bersama-sama. Mereka menggunakan tanda-tanda alam untuk panduan perjalanannya seperti matahari, arah angin, atau arus laut.Setelah sampai mereka menetaskan telur dan berburu di tempat itu selama beberapa minggu, setelah itu kembali ke hilir. Sepanjang perjalanan menuju laut mereka melewati air yang kotor dan otomatis bertemu Pemangsanya lagi. Perlu kita( kita ? ) ketahui bahwa Hanya sedikit Salmon betina yang sampai ke sungai karena mati dalam perjalanannya. Lagipula perjalanannya 1500 km atau 930 mil.
                                                                       


2. Wildebeasts
                                             wildebeests
Wildebeasts bermigrasi hanya dengan tujuan yang kurang penting. Mereka bermigrasi ratusan kilometer hanya  untuk mencari padang rumput hijau. "Kok kurang penting?" tanya anda. Karena mereka sudah berada di padang rumput hijau tetapi mereka masih mencari yang lebih hijau lagi... .




3. Kupu-kupu Monarch

IMG 6847monarch purp
                                                                                   
Pada akhir musim panas (biasanya pada akhir Agustus)atau awal musim semi, kupu-kupu Monarch mulai bergerak ke arah barat atau iklim hangat seperti Mexico dan California. Sedangkan Pada Musim Panas mereka bermigrasi sejauh 4828 km Melalui Amerika Serikat dan Kanada. Migasi Kupu-kupu Monarch yang berkelompok ini masih diteliti oleh para ilmuwan...

4. Tonggeret
 

Setelah menghabiskan 17 tahun di dalam tanah, serangga bersuara nyaring, tonggeret akan bermigrasi menuju dunia luar untuk berkumpul bersama, bernyanyi, dan kawin. Penampilan mereka yang sinkron, efektif menjauhkan tonggeret dari pemangsa selama lima minggu kehidupan dewasanya. Jarak migrasi tonggeret beragam, mulai dari beberapa inci hingga ribuan kilometer.  

5.Kura-kura Hijau
 
Insting keibuan seekor kura-kura hijau memaksanya kembali ke tempat kelahiran untuk memulai kehidupan dengan keluarganya. Kura-kura hijau yang sedang hamil dapat berenang ribuan kilometer dari tempat berkembangbiak di Brasil menuju lautan Atlantik Selatan ke pulau Ascension.  

6. Hummingbird Berleher Rubi 
 
Sebelum terbang sejauh 804 kilometer menuju Amerika Pusat, burung hummingbird berleher rubi akan hinggap di bunga, memakan serangga, dan menghisap getah pohon. Burung yang memiliki kepakan supercepat ini akan mengkonsumsi dua gram lemak, hampir dua kali bobot tubuhnya untuk melakukan perjalanan tanpa henti dari Amerika Utara melintasi teluk Meksiko. 

Dan ini yang paling Ekstrim...

7.Kepiting Merah

  Christmas Island Red Crab 
MIgrasi ini migrasi yang paling ekstrim ! hampir seluruh jalan di Christmas Island ditutup karena migrasinya.migrasi massal puluhan bahkan ratusan juta kepiting merah yang melintasi jalan hingga 8 km dalam waktu 5 hari. Jutaan kepiting merah turun setiap tahun yang didorong oleh tujuan yang jelas: yaitu untuk berkembang biak dan bertelur. Ketika musim hujan datang, dan ombak menjadi pasang, kepiting mulai bergerak, muncul dari liang mereka di hutan hujan, dan berjalan beramai-ramai menuju laut. Tidak ada yang menghalangi pergerakan mereka, baik itu toko, atau lapangan golf atau jalan-jalan yang sibuk. Bahkan tebing terjalpun dituruninya dengan mudah.

Pada awal musim hujan (biasanya Oktober dan November), kepiting merah dewasa memulai migrasi spektakuler dari hutan ke pantai untuk berkembang biak. Pembiakan biasanya serentak disepanjang pulau. langit mendung dan jalan yang basah oleh hujan membuat perjalanan mereka kelaut menjadi panjang dan menyulitkan. 

Selama migrasi kepiting tersebut akan menutupi jalan-jalan, hingga untuk berjalan diantaranya sangat susah, mereka menutupi got, masuk rumah-rumah dan lain sebagainya. Penduduk setempat dibantu para relawan biasanya menggunakan sekop untuk membuka jalan, membuat jalur dengan cara memagari dan kemudian mengalihkan ke tempat lain. Namun, tidak sedikit yang mati, karena kepanasan, terinjak dan terlindas mobil. diperkirakan 10-15 juta kepiting mati dalam masa migrasi tersebut. 

Kepiting merah Christmas Island  , Gecarcoidea Natalis , adalah spesies kepiting darat yang endemik di Christmas Island dan Cocos Island di Samudra Hindia . Meskipun terbatas pada wilayah yang relatif kecil, diperkirakan sekitar 43,7 juta kepiting merah dewasa tinggal di Christmas Island saja. Kepiting merah makanannya sebagian besar berupa daun-daunan yang jatuh dan bunga , tapi kadang-kadang ia juga akan memakan hewan lain, termasuk kepiting merah lainnya (kanibalisme) jika ada kesempatan. 

Ada yang unik nih dari kepiting ini....

Rahasia kemampuan berjalan jauh
Berdasarkan penelitian dari University of Bristol, perubahan hormon memberi kekuatan bagi kepiting untuk melakukan perjalanan panjang. Ilmuwan menemukan bahwa Crustacean Hyperglycaemic Hormone (CHH) mampu membuat kepiting melakukan efisiensi tenaga di otot mereka, serta meminimalisir penggunaan glukosa sebagai sumber daya perjalanan.
Profesor Webster, ahli endokrinologi di Bangor University menambahkan, Migrasi mereka sangat membutuhkan energi karena kepiting harus berjalan beberapa kilometer selama lebih dari satu hari.
Sebelum migrasi, kepiting akan mengurangi kegiatan dan hanya keluar dari lubang mereka untuk mencari makan. Tim peneliti menemukan bahwa konsumsi glukosa pada kepiting memiliki banyak perbedaan tergantung pada musim.
Selama musim kemarau, dipaksa menghasilkan hormon tertentu, terlepas apakah telah mengkonsumsi glukosa atau tidak.
Tingkat glukosa secara jelas bergantung pada hormon saat itu, kata Webster. Ini masuk akal untuk memastikan energi bagi migrasi. Glukosa hanya dibebaskan dari penyimpan glikogen saat tingkat glukosa rendah.

Hehe gimana? Semoga bermanfaat ya...
boleh di share kok. no problem.






0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini. Komentar anda sangat bermanfaat bagi kami.Terakasih

"Ingin Copy Paste ? Hanya perlu tulis di Chat . Nanti akan saya berikan artikelnya."
Open Cbox
email lists add url free

Daftar Isi

Berikut adalah daftar isi 5A Media
Masih loading bro... sabar ya...
Widget by Blogger Bugis