SituSains-Free science knowledge

Senin, 12 Desember 2011

Ekologi:Ayo Hijaukan Bumi Kita...!

                                             
Karena ulah manusia, bumi menjadi tidak hijau lagi. Karena manusia juga bumi terkena yang namanya "Global Warming". Global Warming berarti pemanasan Global (Global = Global atau Bumi, Warm = Pemanasan).Pemanasan Global berarti naiknya suhu bumi yang disebabkan oleh panas dari luar angkasa yang masuk ke bumi terperangkap di atmosfer dan panas itu tidak kembali lagi. Oleh karena itu supaya bumi ini terhindar dari Global Warming, kita juga harus membantu walaupun hanya sedikit. Berikut ini adalah langkah awal kita untuk membantu mengurangi Global Warming :


  • Kurangi penggunaan kendaraan pribadi. Gunakanlah kendaraan umum karena itu dapat mengoptimalkan pengeluaran karbondioksida.
  • Tanamlah pohon disekitar minimal satu saja. Coba misalkan tanam 10 pohon di sekitar rumah anda.               Fakta : 1 Pohon dapat menyerap 1ton Co2. Jadi menanam  10 pohon =  kita mengurangi 10 ton Co2.
  • Kurangi penggunan AC dan Lemari es. Kedua benda itu menghasilkan freon/CFC. CFC dapat membuat lapisan ozon ( O3 ) terpecah menjadi O2 sehingga membuatnya menipis dan tidak lagi sanggup berfungsi sebagai selimut bagi bumi. CFC adalah singkatan dari Chlorofluorocarbons.
  • Gunakan Energi alternatif seperti sel surya,panel surya,dll.
  • Jangan buang sampah sembarangan. Ada motonya : 1 Human for A Tree.
  • Kurangi pemakaian kantong plastik yang sulit diurai. Kalau perlu gunakan tas belanja yang tidak sekali pakai atau kantong plastik yang dapat diurai.
  • Hemat Air,BBM,dll.
  • Melakukan Reboisasi, dan apapun yang bertujuan untuk menambah jumlah pohon yang ada di bumi.
Berikut adalah sedikit dari ratusan cara untuk menghijaukan bumi.Mohon diterapkan/dibiasakan untuk melakukan cara-cara diatas. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda disini. Komentar anda sangat bermanfaat bagi kami.Terakasih

"Ingin Copy Paste ? Hanya perlu tulis di Chat . Nanti akan saya berikan artikelnya."
Open Cbox
email lists add url free

Daftar Isi

Berikut adalah daftar isi 5A Media
Masih loading bro... sabar ya...
Widget by Blogger Bugis