SituSains-Free science knowledge

Jumat, 09 Desember 2011

Perkembangan Teknologi: Kereta Maglev, Kereta yang Menakjubkan





Maglev adalah singkatan dari  Magnetically Levitated trains. Dari Kepanjangan namanya, sudah terlihat ereta ini memanfaatkan Magnet.Kereta ini sering juga disebut kereta api magnet. Prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit ke atas, kemudian gaya dorong dihasilkan oleh motor Induksi. Kecepatan Kereta Maglev yaitu 650 km/Jam. Kecepatan kereta ini tinggi karena tidak terpengaruh gaya gesek. Karena itu harganya pun cukup mahal.

Kereta Maglev mengambang kurang lebih 10mm di atas rel magnetiknya. Dorongan ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel magnetik dengan mesin induksi yang juga menghasilkan medan magnetik di dalam kereta .(lihat gambar ).

Kelebihan utama dari kereta ini adalah kemampuannya yang bisa melayang di atas rel, sehingga tidak menimbulkan gesekan. Konsekuensinya, secara teoritis tidak akan ada penggantian rel atau roda kereta karena tidak akan ada yang aus (biaya perawatan dapat dihemat( Tetapi biaya pembuatan rel juga mahal he...he... ). Keuntungan sampingan lainnya adalah tidak ada gaya resistansi akibat gesekan. Gaya resistansi udara tentunya masih ada. Untuk itu dikembangkan lagi Kereta Maglev yang lebih aerodinamis.
Dikarenakan bentuk dan kecepatan kereta yang fantastis ini, kebisingan  yang ditimbulkan disaat kereta ini bergerak hampir sama dengan sebuah pesawat jet  , dan di perhitungkan lebih mengganggu daripada kereta konvensional. Sebuah studi membuktikan suara yang ditimbulkan oleh kereta meglev dengan kereta konvensional biasa lebih bising sekitar 5dB yaitu 78% nya. Kekurangan lain kereta ini adalah di mahalnya investasi terutama pengadaan relnya.
Semoga Bermanfaat........






2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda disini. Komentar anda sangat bermanfaat bagi kami.Terakasih

"Ingin Copy Paste ? Hanya perlu tulis di Chat . Nanti akan saya berikan artikelnya."
Open Cbox
email lists add url free

Daftar Isi

Berikut adalah daftar isi 5A Media
Masih loading bro... sabar ya...
Widget by Blogger Bugis