SituSains-Free science knowledge

Rabu, 07 Desember 2011

Berapa Planet yang ada dalam Tata Surya ?



Baru baru ini kita mengetahui bahwa pluto tidak termasuk planet lagi, tentu anda mengira di tata surya sekarang ada 8 Planet kan? ummm, tidak ! bahkan astrofisikawan termaju tidak benar benar yakin bahwa lebih jauh dari planet neptunus tidak ada planet lagi (yang berpotensi ditetapkan menjadi planet di tata surya).


Loh, bukankah teleskopi raksasa kita bisa menangkap citra bintang yang berada belasan milyar tahun cahaya ? kenapa kita tidak bisa mengetahui benda langit di tata surya yang lebih jauh dari planet neptunus (sekarang disebut trans neptunian) ?. Jawabannya adalah karena sinar matahari kita tidak dapat menjangkau benda langit yang sedemikian jauh dan penjelajah angkasa kita masih belum sampai kesana.


Misteri di wilayah trans neptunian benar benar menggugah rasa ingin tau para ilmuwan, sampai saat ini yang sudah diduga ada di wilayah itu adalah #1 planet sedna yang walaupun tidak ada yang yakin ukurannya semua ilmuwan setuju bahwa planet ini lebih besar dari pluto. #2 ada planet gigantik sebesar 4 kali jupiter yang gravitasinya mengarahkan komet ke arah orbit matahari (termasuk orbit bumi). #3 matahari diperkirakan punya kembaran yang berupa bintang kerdil coklat dan #4 tidak ada yang benar benar tahu seberapa jauh wilayah ini

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini. Komentar anda sangat bermanfaat bagi kami.Terakasih

"Ingin Copy Paste ? Hanya perlu tulis di Chat . Nanti akan saya berikan artikelnya."
Open Cbox
email lists add url free

Daftar Isi

Berikut adalah daftar isi 5A Media
Masih loading bro... sabar ya...
Widget by Blogger Bugis