SituSains-Free science knowledge

Rabu, 07 Maret 2012

Antivirus VS Virus + Penjelasan

                                                         

Virus adalah program komputer yang dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali. juga dapat menggandakan diri.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak 

perangkat keras.

Jenis-jenis virus komputer adalah sebagai berikut :
  • Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue - merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic virus - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus ponsel - Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.


Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus - antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.


Untuk mendownload antivirus silahkan Buka link nya :Download Berbagai Macam Antivirus L.E.N.G.K.A.P.


Oke, Banyak sekali antivirus yang ada sekarang ini. Tapi saya akan menjelaskan beberapa antivirus dari dalam maupun luar negeri


Dalam Negeri


1. SMADAVSMADAV adalah antivirus buatan Indonesia yang mulai diluncurkan pada bulan Maret 2007 dan mulai booming pada awal bulan tahun 2009, pengguna smadav pun semakin bertambah, itu semua tidak terlepas oleh upaya smadav untuk memperbaharui antivirusnya, keunggulan antivirus ini adalah cepatnya proses scanning pada komputer dan tidak membebani memori komputer, selain itu smadav juga membersihkan hingga tuntas semua virus yang sudah menginfeksi komputer anda dan saat ini smadav mampu mendeteksi kurang lebih 1500 lokasi registry, dan kekurangannya belum bisa menghapus secara tuntas virus-virus impor, karena difokuskan untuk menghadapi virus yang tersebar di Indonesia.

2. PC Media Antivirus
PCMAV adalah Antivirus yang dibuat oleh majalah PCmedia yang dimulai pada awal tahun 2006, antivirus ini merupakan antivirus yang paling banyak digunakan di Indonesia, mengingat kemampuannya yang sangat bagus dan berkualitas, Mengenali sekaligus mengatasi gangguan virus komputer, baik virus lokal maupun asing, yang banyak menyebar di Indonesia lebih banyak dari antivirus lainnya di dunia. Tetapi kelemahannya hanya pada waktu scanning yang lama dan tidak bisa digunakan pada OS windows 98 harus windows 2000 keatas.

3. Blue Atom Antivirus
Blue Atom Antivirus merupakan antivirus yang dibuat oleh anak kelas XI E SMP Katolik Stella Maris, Surabaya, yang bernama Alvin Leonardo yang masih berusia 14 Tahun, antivirus buatannya ini sudah mendapatkan garansi 100% Clean dari Softpedia.com pada tanggal 19 Oktober 2009, yang membuat kaget adalah Alvin ini tidak melakukan kursus atau bimbingan bahasa pemrograman untuk membuat antivirus ini, tapi dia belajar secara otodidak dengan mempelajari 3 bahasa pemrograman sekaligus yaitu Visual Basic, C#, dan Assembler (ASMX 86), dan menurut pakar IT yang juga Dekan FTIf ITS Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD mengatakan bahwa Alvin ini akan diikutkan pada lomba-lomba pemrograman dan potensinya bisa dibina untuk menjadi Hacker ilmu putih (WhiteHat).
4. ANSAV Antivirus
ANSAV adalah antivirus yang dibuat oleh perusahaan Indonesia yang mulai dipopulerkan sejak bulan Oktober 2006 dan merupakan pesaing dari Antivirus PCMAV yang terlebih dahulu telah diluncurkan. Antivirus ini juga cukup banyak digunakan oleh orang Indonesia terutama untuk membasmi virus brontok, antivirus ini mempunyai kelebihan yaitu sangat sensitif terhadap virus yang telah menginfeksi komputer namun sekaligus terdapat kekurangan yaitu kadang-kadang data yang sudah terinfeksi virus akan ikut terhapus bersama dengan virusnya.

5. GUCUP Antivirus (GAV)
GUCUP Antivirus (GAV) merupakan salah satu karya anak bangsa yang sudah dikenal Indonesia bahkan dunia Internasional, Antivirus ini dibuat oleh Yusuf Theretsa Patiku, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. GAV ini dibuat dengan Microsoft Visual Studio .Net 2003 dengan bahasa pemrograman C#, Antivirus ini juga sudah mendapat garansi 100% clean dari Softpedia.com dan bisa langsung di download disana, kelebihan dari antivirus ini adalah mampu menscan file arsip seperti rar maupun zip, memory system scanning, proses scanning cepat, mampu memisahkan file document yang sudah terinfeksi malware (for : Backdoor.Win32.Delf.axz, Trojan.Win32.Delf.aav, Worm.Win32.Delf.cd) dan mampu memisahkan file aplikasi/.exe dari malware (for : DeulleDo-X [2], Virus.Win32.Delf.bk). Dan masih banyak lagi fitur menarik dari Antivirus ini.

6. AVIGEN Antivirus
AVIGEN Antivirus merupakan antivirus buatan Indonesia yang mempunyai website di www.vibi-bego.com kelebihan dari antivirus ini adalah bisa mencari file-file yang sudah terinfeksi virus seperti worm, hacktool, exploit script, serta trojan horse. Fasilitas yang terdapat pada AVIGEN adalah registry tweak, scan running proses, process viewer, scan autorun location dan masih banyak lagi. Selain itu Antivirus ini juga sudah mendapatkan sertifikat 100% clean dari softpedia.com

Luar Negeri


7. Kaspersky
Kaspersky Anti-virus adalah salah satu solusi antivirus yang paling kuat saat ini di pasar, memberikan tingkat deteksi yang sangat baik dikombinasikan dengan perlindungan real-time dan update definisi dikirimkan ke setiap komputer secara teratur.Melindungi dari virus Trojan dan Worm
8. Panda Cloud
Yang paling cepat dalam mendeteksi virus baru:
· Jaringan kami server Collective Intelligence mengidentifikasi dan proses virus otomatis di sebagian kecil dari waktu yang diperlukan oleh teknisi laboratorium.

Dirancang dengan Anda dalam pikiran:
· Sekarang Anda bisa lupa tentang produk antivirus melelahkan dengan gencarnya pemberitahuan dan sulit pertanyaan. Panda Cloud Antivirus bekerja untuk Anda tanpa mengganggu Anda.

Pembaruan adalah sejarah:
· Kunci sebenarnya untuk Panda Cloud Antivirus adalah di server Collective Intelligence. Itu sebabnya Anda akan selalu memiliki kapasitas maksimum deteksi tanpa mengandalkan update tradisional.

Mendeteksi lebih dari orang lain:
· Server Panda memiliki database jutaan virus memungkinkan Panda Cloud Antivirus mendeteksi banyak ancaman yang muncul setiap hari. 

9. Avast !
Avast! Free Antivirus adalah antivirus handal software solusi yang dirancang untuk menyediakan pengguna komputer dengan perlindungan efektif terhadap virus dan spyware. Mempunyai beberapa fitur : 
Behaviour Shield : Monitor aktivitas di komputer Anda menggunakan sejumlah sensor (sistem file, registry dan jaringan berbasis) dan laporan / blok setiap perilaku yang mencurigakan.
Mail Shield :     Memindai semua masuk / keluar e-mail untuk malware.

Web Shield : Memindai semua halaman web yang dikunjungi dan memeriksa semua file, halaman dan java script download dari internet. 

P2p Shield :  Cek file didownload menggunakan program P2P 
IM Shield   : Cek file yang didownload saat menggunakan instant messaging atau "chatting" program. 
Network Shield : Memberikan perlindungan terhadap virus berbasis jaringan. Modul ini memiliki dua komponen utama: URL blocker, yang dirancang untuk memblokir URL berbahaya (seperti yang didefinisikan oleh Lab Virus), dan sistem deteksi intrusi ringan. 

10.Avira AntiVir
· AntiVir Melindungi terhadap virus, worm dan Trojan AntiDialer melindungi terhadap dialer mahal
· AntiRootkit perlindungan terhadap rootkit tersembunyi
· Lebih cepat Scanning hingga 20% lebih cepat
· Antiphishing perlindungan terhadap phishing
· AntiSpyware perlindungan terhadap spyware dan adwareNetbookSupport untuk laptop dengan resolusi rendah
· QuickRemoval menghilangkan virus dengan cepat Klik tombol





"Ingin Copy Paste ? Hanya perlu tulis di Chat . Nanti akan saya berikan artikelnya."
Open Cbox
email lists add url free

Daftar Isi

Berikut adalah daftar isi 5A Media
Masih loading bro... sabar ya...
Widget by Blogger Bugis